Terserah

8:38 PM

Terserah. Satu kata yang punya banyak makna pragmatis. Kata ‘terserah’ itu menjadi semacam mitos yang tidak bisa terungkap, maknanya sudah bukan lagi ambigu malah multiple.  Kita seringkali mengidolakan ‘terserah’ saat putus asa, pasrah, atau saat terlalu banyak pilihan yang kita sangat malas untuk berpikir dan menentukan.  

Terserah itu bukannya terlalu buruk untuk diucap, terserah adalah istilah yang sangat pas ketika ingin mempersilahkan orang lain memberikan keputusan tanpa campur tangan kita lagi dan kita hanya menurut saja, atau dengan kata lain hanya untuk hal-hal sepele dan tidak prinsip. Tapi tentunya tidak setiap saat begitu adanya. Tidak sedikit yang setelah berkomentar ‘terserah’, kemudian disarankan sesuatu, malah berbalik mengkritik dan justru tidak setuju. Sampai akhirnya kita tersentak, “loh tadi katanya terserah?”

Terus, sebenarnya terserah itu apa?




Terserah itu bisa jadi topeng cantik ketidakpedulian kita, terserah itu bisa jadi bentuk insekuritas karena kurang berani mengemukakan pendapat kepada seseorang yang lebih dihormati, terserah itu bisa jadi api kecil rasa marah, terserah itu karena tidak punya pendirian atau konsistensi, terserah itu karena terlalu menggantungkan keputusan kepada yang lain dan masih banyak lagi bentuk unik dari ‘terserah’ lainnya. 

Oleh karena multiple meaning ini tidak jarang malah terjadi kesalahpahaman, dan sudah tidak sedikit kasus pula yang membawa ‘terserah’ menjadi perkara. Lucu ya? Karena ga salah juga sih, kalau di Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘terserah’ itu artinya masa bodo. Bayangin gimana kalau kita baik-baik nanya, eh dijawab, masa bodo! Bahkan menurut hasil penelitian di Amerika Serikat pada tahun 2009, 'whatever' dinobatkan sebagai the most annoying word in American English, dan jangan sampai orang yang ngucapinnya juga disebut annoying ya? hehe

Sekarang, terserah kamu, apa mau seterusnya dan setiap saat bilang terserah? dan maaf kalo saya jadi annoying karena nanyain pertanyaan ini.

Cek juga di sini:
http://www.telegraph.co.uk/news/newstopics/howaboutthat/6271061/Whatever-voted-most-annoying-word.html

You Might Also Like

0 komentar