Ngurus surat sehat dan bebas napza

11:15 PM

RSUD Wangaya Denpasar

Haloo semua! Kali ini, aku bakal cerita tentang pengalamanku ngurus sendiri surat keterangan sehat jasmani dan rohani, sama surat keterangan bebas napza. Kebetulan, surat-surat ini aku perlukan untuk administrasi di kantor.

Jadi, setelah browsing dan tanya sana-sini dimana sebaiknya ngurus surat beginian (maklum biasanya makan waktu lama, dan orang-orang sering main serobot, males antre, jalur belakang gitu deh, hehee), akhirnya pilihan terakhir jatuh pada RSUD Wangaya. Kata orang, pelayanan rumah sakit ini lumayan meningkat dan lebih baik, jadi yaa walaupun agak jauh dari rumah, tetep meluncur ke sana.

Aku berangkat dari rumah sekitar jam setengah 8 dan sampai sana jam 8 kurang 10. Sampai di sana sempet bingung pintu jalur masuk motornya yang mana, eh ternyata masih harus ke utara lagi, hehe. Setelah ketemu, langsung cari tempat parkir dan masuk ke rumah sakitnya ambil nomor antrean.

Luuuaarr biasa, pagi-pagi gitu orang-orang udah rame banged. Langsung aja, aku tanya ke petugasnya maksud dan tujuan ke sana, si Bapak dengan ramah langsung nyerahin formulir yang harus diisi sama dibantuin juga ngambil nomor antrean. 

Beres ngisi formulir aku nunggu cuman 4 nomor antrean, dan di sana dataku diinput. Nah kita bayar administrasi Rp. 13.000 dan data diri tadi dikembalikan lagi dalam bentuk prin out.

Nb: dicek dulu nama dan semua data diri di prin out yaa, karena hanya di bagian front office yang di sini kita bisa edit datanya. Kalau di sini salah, data di hasilnya nanti juga bakalan salah dan ga bisa diganti. Contohnya aja, aku mesti ganti nama yang sebenarnya Rosalina, malah si Bapak nginput Rosalino (mungkin si bapak lelah, hahaa)

Lanjuuut, langsung ke psikiatri, di sana, cuman diambil beberapa berkas aja sama si Mbaknya dan dibalikin lagi, kemudian kita diarahkan harus ngapain dan kemana setelahnya.

Manut aja sama si mbak, aku langsung ke bagian laboratorium untuk cek urin dengan sebelumnya tetep ambil nomor antrean. Setelah dipanggil, kita langsung ngambil sample, dan sambil nunggu hasilnya, bisa ditinggal aja dulu ke bagian mata dan THT.

Nb: karena kita ga periksa cuman cari surat keterangan, kita boleh masuk ke ruangan dokter mata dan THT itu langsung, dan kita didahulukan dibanding pasien lain.

Setelah dari mata dan THT, kita balik lagi ke psikiatri dan diarahkan untuk bayar dulu di kasir di sebelah Bank BPD. Kageett bener waktu dikasi struknya, karena total bayar semua Rp. 535.000. Jadi buat kalian yang mau ngurus ini, bisa siap-siap ngumpulin duit yaa, hehee.

Abis bayar, balik lagi ke psikiatri, nah di sini karena aku juga minta surat keterangan sehat rohani, jadi kita dikasi sebendel pernyataan (persisnya 557 soal) dan kita diharuskan memilih entah  setuju (tanda +) atau tidak setuju (tanda -). Pertanyaannya seputar hidup, keluarga, trauma, kasih sayang, halusinasi, mimpi… dan juga sex. Hahaa

Beres jawab pertanyaan eh pernyataan, langsung deh kasi mbaknya dan kita disuruh ngambil hasil lab napza. Waktu ambil hasil lab ini, kita diminta kwitansi pembayaran dan udah deh balik lagi ke psikiatri, disuruh nunggu sebentar karena data masih diinput.

Ga lama kemudian aku dipanggil, dan suratnya udah keluar dan udah dicap oleh dokter (untuk yang sehat rohani). Nah, aku langsung disuruh ke bagian Interna untuk minta nomor surat dan ttd dokter untuk sehat jasmani. Selesai di sana, balik lagi ke kasir untuk minta cap rumah sakit.

Inget dicek lagi yaa, just ini case!
Udaaahh beres deh..

Total biaya: 13.000 + 535.000 + 1.000 (parkir) = 549.000

Rangkuman prosedur:


  1. Isi formulir – no antrean
  2. Teller – bayar – cek
  3. Psikiatri
  4. Lab – tes urin
  5. mata – THT
  6. Psikiatri
  7. Kasir – bayar
  8. Psikiatri – tes jawab pernyataan
  9. Ambil hasil lab napza
  10. Psikiatri – lengkapin form – surat ket sehat rohani dan bebas napza done
  11. Interna – cap dan ttd dokter surat ket sehat jasmani – done
  12. Kasir – cap rumah sakit – all done
  13. Pulaaaanng!

You Might Also Like

1 komentar