Chicken or egg came first?

7:13 AM

Ini dia satu pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab.Ayam duluan bener juga, jadi si ayam itu akan menghasilkan telur. Tapi mana mungkin bisa si ayam itu tiba-tiba ada? pasti bermula dari telur kan?

Jadi jawabannya telur aja deh, tapi mana mungkin tiba-tiba ada seonggok telur, mana bisa, harus ada ayam dulu kan?

Jadi, ayam duluan atau telur nih?

***

Pertanyaan ini, sama aja kayak “asal mula manusia itu gimana sih?”

Aristoteles

Banyak ide, opini, dan teori yang berkembang. Pertama kali yang mengeluarkan pendapat itu adalah Aristoteles. Teorinya bernama Generatio Spontanea, makhluk hidup berasal dari benda mati. Dia mengambil kesimpulan ini setelah mengamati ikan di sungai, dan berpendapat bahwa ikan berasal dari lumpur. Ada juga Needham yang berpendapat sama, dengan melakukan percobaan terhadap kaldu, dan beranggapan bahwa belatung berasal dari kaldu.


Penemuan mikroskop kemudian menjadi cikal bakal adanya opini lain. Ilmuwan seperti Francisco Redi dengan eksperimen daging segarnya, mengatakan bahwa omne vivum ex ovo, omne vivum ex vivo (semua makhluk hidup berasal dari telur, makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang telah ada). Ada juga pendukungnya seperti Louis Pasteur dengan labu leher angsanya dan Spallanzani yang akhirnya menjatuhkan Needham yang kemungkinan mengalami human error dalam percobaannya, di mana kesalahan Nedham adalah tidak menutup tabung percobaan, sehingga memungkinkan organisme untuk masuk dan berkembang.

Von Daniken
Hmmmh.. ada juga Harold Urey, Stanley Miller, dan Alexander Oparin, yang lebih cenderung mengatakan bahwa kita adalah sekumpulan molekul kimia yang mengalami proses fisika dan kimiawi. Teori ini juga disebut teori evolusi kimia.

Dan yang lebih tak terduga lagi, Erich Von Daniken beropini bahwa kita berasal dari makhluk angkasa luar, dipertegas dalam bukunya Nenek Moyang dikunjungi astronout  Bintang Lain?

Itu baru dari segi science dan disertai dengan elaborasi yang lumayan masuk akal, ada juga yang dari segi non-ilmiah, seperti mitos, kepercayaan dan bahkan agama. Ada yang bilang, manusia itu dari percikan Tuhan, ada juga yang bilang bahwa awalnya Tuhan menciptakan Adam dan Hawa. Bahkan, ada juga yang bilang bahwa kehidupan tidak berasal usul.

Jadi ayam duluan atau telur? Jawabannya masih galau. Sampai sekarang semua teori bisa dikatakan benar. Dan belum ada yang paling benar. Kita bebas berpendapat. Kita bebas percaya.
Hanya satu hal yang tidak galau dan paling jelas bagiku, yaitu..

Ibuku duluan baru aku. -__-

referensi:
http://kamusq.blogspot.com
http://kamuspengetahuan.blogspot.com

You Might Also Like

0 komentar