Layang-layang dan filosofinya

7:30 AM

Lagi-lagi si danan main layangan sampe susah banged bedain dia ama ikan gosong. Oh ia, aku kenalin dulu. Danan itu adikku yang paling ganteng, soalnya yaa cuman dia adikku satu-satunya. Heheh.

Waduh di sini (bali) lagi musimnya layangan. Tua, muda, tinggi, kecil, jelek, cakep, semuanya pada main layangan. Entah aku bingung apa yang bikin suka. Bahkan di beberapa tempat sampai dilombakan. Dan biasanya yang dilombakan ini layangannya cenderung besar, dan biasanya dinaikkan dengan beberapa orang termasuk dengan tali yang super jumbo.

Anehnya, apa yaa yang bikin mereka suka, padahal kan cuman naikin gitu, abis itu diturunin dan dinaikin lagi. Well -__-
Tapi dibalik ketidak-mengertianku itu, ada hal yang bisa aku ‘petik’ dari main layangan ini:

1. layangan perlu ‘angin’


Angin loh saudara-saudara, dan bukan udara. Apa bedanya? Jadi angin itu adalah udara yang bergerak. Kalau tidak ada angin yaa layangan ga bakal bisa naik. Bahkan layangan yang besarnya segede dinosaurus sekalipun bisa naik kalau ada angin. Nah, kalau ga ada? Yaa dibuat jadi ada. Ada nih mitos kalau bersiul, trus angin bakalan dateng. Kalau si Danan sih biasanya, cuman monyong-monyongin bibir aja, masalahnya dia ga bisa bersiul. -__-

Yaa jadi gitu, usaha biar ada angin. Kalau dihubung-hubungin nih. Angin itu ibaratnya NIAT. Kalau ada niat, apa aja yang kita mau, kita pengen, kita harapkan, pasti aja ada jalan buat terwujud. Kalau emang dari awal udah ga niat, yaa gimana mau ngedapetinnya. Niat itu seakan dorongan buat kita untuk semakin berusaha lagi. There is a will there is a way. Right eh?

2. tali mana tali

Sekarang udah ada angin, yah tiba-tiba talinya putus. Yaudah, layangannya jadi nyasar entah kemana. Menurut pengamatanku abis melototin si danan main layangan, ada tiga factor nih yang bikin tali putus. Pertama, karena sengaja diputusin layangan tetangga. Kedua, karena tangan kita sendiri yang nakal ga bisa megang talinya. Ketiga, karena tergesek pohon, kabel listrik, angin yang terlalu kenceng atau semacamnya. Dan biasanya nih, kalau udah talinya putus, si danan bakalan murka sambil ngelempar barang-barang tak berdosa terdekatnya, persis kayak si Hulk yang baru berubah bentuk, cuman ini Danan warnanya item. -__-

Nah kalo dihubung-hubungin lagi nih. Tali ini seperti ‘eksistensi dan tantangan’ kita buat mempertahankan apa yang sudah kita capai.

Faktor yang pertama tadi, bisa dibilang ibaratnya ‘rival’ kita. Ada aja pasti orang yang ga suka sama keberhasilan kita kan. Dia atau mereka mungkin akan berusaha berbagai cara untuk menjatuhkan kita, mulai dari rumor, gossip, ngomongin yang sebenarnya ga pernah ada, menjebak kita, bahkan ada yang sampai menjilat. Mungkin dia ngerasa kita es krim. Cara paling aman tapi susah sih jangan didengerin anggap aja dia penyemangat kita. Tapi terkadang omongan mereka ada benarnya sih, ga ada salahnya juga itu kita jadikan koreksi diri untuk menjadi lebih baik. Selain itu, mereka iri yaa karena mereka tidak bisa seperti kita. Setidaknya keirian mereka itu udah suatu bukti kalau kita yang lebih hebat dari mereka. Jadi ga usah ambil pusing.

Factor yang kedua, karena keteledoran kita sendiri. Harus diakui memang manusia tidak pernah luput dari kesalahan, tapi kita sendiri juga harus hati-hati biar ga banyak salah. Memang sih mempertahankan itu lebih sulit ketimbang memulai. Tapi kan ribet juga, sudah susah-susah mewujudkan cita-cita kita, tapi harus down lagi gara-gara kita salah bertindak.

Factor yang ketiga, lebih ke factor alam. Kalau memang Tuhan, menginginkan kita untuk kembali jatuh dan mencoba lagi, yaa harus memang dijalani. Dibalik itu semua, Tuhan pasti punya rencana besar dan indah kok. Smile..

Jadi begitulah, setiap lembaran kehidupan mengajarkan kita banyak hal. Menjadikan kita lebih dewasa dalam bersikap. Makasi yaa udah mampir. Semoga bermanfaat. God Bless Us All.. cheer up!

You Might Also Like

0 komentar