Zebra Cross kereenn..

8:35 AM


Kalau yang belum pernah ke luar negeri, pasti belum tau nih. Sombong sedikit boleh donk yaa. Heheh. Jadi, waktu itu aku ke Melbourne, tahun 2010. Nah, disitu yang paling bikin excited itu, fasilitas buat pedestrian-nya. Salut banged deh pokoknya.
Trotoar bersih, ga ada sampah, lumayan luas, dan pengguna jalan lainnya menghormati banged pedestrian ini. Apalagi, yang paling keren nih. 

Penyebrangannya.


Kalau di Indonesia, sepertinya masih tergolong wajar yaa kalau nyebrang ga di zebra cross. Nah kalau di Melbourne, bisa dibilang bego dan nyari mati. Soalnya, malah lebih nyaman donk lewat zebra cross.

Jadi, traffic light di sana dilengkapi dengan tombol bagi pedestrian untuk mempercepat menyalanya lampu merah, jadi biar lebih cepet dan gampang buat nyebrang. Karena ada tombol ini, otomatis pedestrian yang mau nyebrang akan berkerumunan dulu di kedua sudut jalan ini. Dan ketika, lampu sudah menyala merah, semua kendaraan berhenti. Zebra cross langsung seakan jadi panggung catwalk bagi para pedestrian. Dari kanan ke kiri dan kiri ke kanan. Ramai tapi tertib. Kereenn.

Ga nyangka, penyebrangan sekeren ini sudah mulai diterapkan loh di bali. Kalian tahu pasar badung kan? Di sana sudah dipasang tombol seperti ini. Nah, untuk memperkenalkan pengguna jalan supaya tahu cara pakainya, pemerintah juga memasang papan bertuliskan “menyebrang bersamaan, tekan tombol ini”. Salut deh buat Dinas Pariwisata kota Denpasar. Ini baru yang namanya kemajuan!! ^^

Sayangnya, beberapa pejalan kaki justru acuh, dan menyebrang semau mereka. Padahal kan tinggal pencet, tunggu sebentar, menyebrang jadi lebih aman dan nyaman. Jadi, kurang sosialisasi dan pembiasaan aja sih sebenernya. Maju terus denpasar.. maju terus Bali ^^

You Might Also Like

0 komentar